Macam-macam Beras

Beras merupakan salah satu bahan makanan yang berasall dari Cina pada tahun 7000-5— SM. Dapat dikategorikan sebagai menu oriental. Beras juga dapat dikategorikan sebagai menu continental yang terdapat di daerah mediterania seperto Italia dan spanyol. Pengolahannya selalu dicampur dengann bumbu atau bahan lain, baik itu bahan hewani maupun bahan nabati. Sebagai salah satu dari dua side dish porsi nasi 50-70 gram dalam keadaan matang. Jika merupakan satu-satunya side dish porsinya lebih besar.

Ada 3 macam jenis beras, yaitu white rice (beras putih), brown rice (beras merah), dan glutinous rice (beras ketan). Berdasarkan bentuk dan sifatnya, beras purih dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu long grain rice, short grain rice, dan medium grain rice. Kebanyakan orang Eropa lebih menyukai long grain rice karena rasanya yang empuk namun tidak lengket atau pulen seperti pada short grain rice. Akan tetapi, long grain rice yang dimasakk terlalu lama juga akan menyebabkan lengket. Beras putih terutama jenis long grain tidak memerlukan perendaman sebelum ditanak.

Beras memiliki kandungan nutrisi yang baik. Beras merupakan sumber energi dari karbohidrat yang dihasilkan, mengandung protein, kaya akan niasin,, vitamin B6, tiamin, asam pantotenat, Mg, P, Zn, Cu< dan kalium. Zat tepung dalam beras mengandung amilose dan amilopektin yang menjadikan beras mengembang selama pemasakan, sehingga menjadi sangat mudah dicerna.

About kumpulaninfopangan

lulusan D3
This entry was posted in Aneka Pangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s