Tips Memilih Kentang yang cocok untuk hidangan

Kentang adalah sejenis umbi-umbian yang berasal dari Amerika Latin, tepatnya di Bolivia dan Peru pada 7000 tahun yang lalu. Kentang menjadi suatu bahan yang penting mulai dari abad ke XVI. Kentang sangat beragam jenisnya, seperti waxy potatoes yaitu kentang yang memiliki kandungan protein yang banyak, biasan yang digunakan untuk hidangan dengan  tekstur lunak dan pulen. Hidangan yang dapat dibuat dari waxy potatoes misalnya potatoes salad dan douphinoise potatoes. Ada lagi fioury potatoes, yaitu kentang yang memiliki kandungan pati yang cukup banyak daripada waxy potatoes. Hidangan yang dapat dibuat dari fioury potatoes misalnya, crouquette, baked potatoes, dan stuffed potatoes.

Teknik pengolahan yang digunakan untuk mengolah olahan kentang adalah teknik memasak boiling, steaming, baking, sautéing, ataupun deep frying. Kentang juga dapat meningkatkan cita rasa jika diolah dengan cara direbus dan dihancurkan dengan bumbu, yakni menjadi sebuah mashed potatoes atau yang sering dikenal dengan sebutan puree. Mashed potatoes jika digoreng dapat menjadi croquette, jika dipanggang dapat menjadi pommes duchees ataupun schootel.

Kentang memiliki fungsi dalam hidangan yaitu sebagai side dish pada main course, horse d’eurve misalnya pommes douphine dan croquette. Kentang yang diolah dengan teknik memasakk deep frying dapat dibuat menjadi pommes chips atau potato chips atau yang sering disebut dengan criping kentang yaitu kentang goreng dengan potongan bulat tipis. Ada lagi pommes frites atau French fried potatoes, yaitu kentang dengan potongan berbentuk balok dan diiris memanjang. Ada juga pommes allumettes atau matchstick potatoes, yaitu kentang yang di potong allumetes seperti korek api. Ada lagi pommes paille, yaitu kentang yang di potong panjang halus menyerupai bihun, dan yang terakhir pommes chateau, yaitu kentang yang di bentuk bulat seperti kelereng.

Sedikit tips agar menggoreng kentang menjadi renyah :

* Cairan di dalam kentang dikeluarkan
* Dalam menggoreng kentang, diusahakan semuanya kentang terendam
* Kentang dimasukan setelah minyak dalam keadaan panas
* Pada awal memasukan kentang harus diaduk agar matangnya rata
* Setelah matang ditapis, atau disaring dahulu agar kandungan minyaknya tidak banyak terserap oleh kentang.

About kumpulaninfopangan

lulusan D3
Gallery | This entry was posted in Aneka Pangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s